Sharing Everything You Like

Recent



Friday, November 15, 2019

Cara Cek Keadaan HP "Mulus" dan "No Minus" || MASTER COD

Cara Cek Keadaan HP

"Mulus" dan "No Minus" 




Salam bahagia buat kalian teman-teman pecinta COD semua 😁 

Jutaan orang tidak mengetahui bahwa banyak orang yang "Kurang Jujur" dalam Jual Beli smartphone, apakah anda salah satunya?

Jual beli smartphone baru maupun bekas pada era sekarang sudah menjadi hal yang sering kita lihat sehari-hari, karena admin juga merupakan seorang pelaku jual beli smartphone bekas tersebut hehe 😂 Sudah banyak yang bisa kita cari di beberapa situs jual beli online bahkan hingga media sosial contohnya Facebook dan menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) atau Bayar di Tempat saat ketemuan.

Karena mimin juga merupakan pelaku jual beli smartphone sejak lama, maka admin juga mengetahui beberapa istilah dan pemakaian kata yang dapat memikat pembeli, Diantaranya adalah istilah penjual "Mulus" dan "No Minus" yang pasti sudah tidak asing di telinga kalian. 

Tapi, mimin menemukan kasus beberapa orang yang "Tertypu" karena di-iming imingi dengan 2 kata sakti tersebut. Ternyata masih banyak orang yang tidak tahu apakah benar-benar "Mulus" dan "No Minus" atau tidak, admin juga pernah menjual ke pembeli yang pada saat ketemuan atau COD-an, masih bingung untuk melakukan pengecekan, bagaimana jika orang seperti itu dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan "Menypu"nya? 

Maka dari pengalaman mimin pribadi dan pengalaman yang dibagikan oleh orang-orang di grup jejaring sosial Facebook, mimin memutuskan untuk membuat artikel ini semoga bermanfaat dan besar harapan mimin setelah kalian membaca ini kalian jadi lebih hati-hati tentang smartphone yang "Katanya" "Mulus dan No Minus"

1. Cek Hardware / Perangkat Keras / Tampilan Luar / Fisik Smartphone.

  1. Pastikan Tombol Home(Jika ada), Kembali(Jika ada), Submenu(Jika ada), Power, Volume Up/Atas, Volume Bawah Berfungsi dengan baik, jika anda mau, lakukan tes Pengambilan ScreenShot juga.
  2. Pastikan Smartphone yang kalian beli TIDAK LECET, RETAK, PATAH, atau pastikan tidak ada bagian yang HILANG, Lepas dulu Case jika digunakan.
  3. Cek Baterai, Slot SIM CARD dan Kartu SD jika sudah menggunakan Slot Samping pastikan juga ada "Penusuk" Slot SIM CARD lalu cek. lihat gambar jika bingung.

4. Cek Fisik Kamera Depan+Belakang, Flash (Blitz), FingerPrint apakah Retak, atau ada Scratch(Lecet).

5.  Cek Lubang/Slot Headset dan Charger, Cek juga Fisik Speaker dan Microphone.

6.  Cek Charger dan Headset(Jika ada) apakah Konek/Nyambung dengan baik atau tidak.

7.  Jika diperlukan, Cek BAUD/BAUT di Smartphone, karena PASTI ada 1 Baut yang DISEGEL, jika SEGELnya sudah tertembus berarti sudah dipastikan SMARTPHONE SUDAH DI SERVIS.

2. Cek Software / Perangkat Lunak / Aplikasi / ROM


  1. Lakukan Ujicoba terhadap ; 
    • Ambil Foto Depan+Belakang
    • Flash/Blitz
    • Player Musik dan Video(Untuk Cek Suara dan Audio Visual
    • Perekam Suara
    • FingerPrint (Bila Ada)
    • Radio(Bila Perlu)
    • Sinyal
    • Galeri+File Manager
    • Game(Bila Perlu).
  2. Lakukan pengujian terhadap jaringan telepon seperti memanggil *#*#4636#*#*, *#01#, dsb untuk mengetahui apakah sinyal sesuai yang ditawarkan.
  3. PENTING! Cek apakah smartphone sudah di Root atau tidak, jika sudah di Root, maka akan ada aplikasi seperti SuperSU atau Super User lebih baik membeli smartphone yang belum di root karena ada beberapa fungsi yang berubah tapi jika anda menyukai smartphone root kenapa tidak.
  4. Bila perlu, lakukan pengecekan dengan aplikasi CPU-Z
  5. Cek informasi telepon apakah sesuai dengan pabrikan atau jangan-jangan "Oprekan"? Biasanya bisa diakses di menu Setelan / Pengaturan > Tentang Ponsel.


Sekian dari mimin jika ada yang kurang atau ingin ditanyakan silahkan tulis d kolom komentar ya gaes. Jangan lupa untuk share ke temen - temen kalian jangan sampai ada korban penipuan lagi ke depannya. Salam COD !!

No comments:

Post a Comment